02 Februari 2009

Mengenali Roh Manusia


Manusia adalah ciptaan Allah yang paling mulia, mengapa demikian? ada apa dengan manusia sehingga lebih mulia dari pada gajah atau dari pada ikan paus? Padahal kan sama-sama ciptaan Tuhan. Mari kita pelajari bersama dengan tuntunan kuasa Roh Kudus.

Pelajaran ini susah untuk dipahami karena tak dapat ditanggap dengan logika ataupun dengan akal manusia, oleh karena itu kita harus mau merendahkan diri agar dapat pengajaran dari Roh Kudus sebab “Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu…Yoh 14 : 26” Yang membedakan manusia dengan mahluk-mahluk ciptaan Tuhan yang lain adalah Manusia terdiri dari 3 unsur yakni : tubuh, jiwa dan roh ( 1kor 15:38-40, 47,53, Tubuh jiwa bersifat alami atau sementara, sedangkan roh bersifat kekal) Sedangkan mahluk-mahluk ciptaan Tuhan yang lain baik binatang maupun tumbuh-tumbuhan hanya terdiri dari tubuh, jiwa . Jadi yang membedakan manusia dari ciptaan Tuhan yang lain dan sekaligus membuat manusia lebih mulia adalah roh, banyak manusia tak memahami keberadaan rohnya sehingga tak pernah mengurus atau memelihara rohnya, lho kok bisa! bukankah roh itu yang membuat manusia lebih mulia? Benar tetapi persoalannya roh itu tak dapat dilihat dengan mata dan tak dapat diraba dengan tangan dan juga roh terbungkus oleh tubuh jiwa, tetapi roh dapat dirasakan.

Roh adalah ciptaan Allah yang berasal dari sorga yang disebut tua-tua ketika masih disorga why 5:11 ,… dan tua-tua itu jumlah mereka berlaksa-laksa dan beribu-ribu laksa. Dan roh ketika masih disorga telah diperlengkapi dengan berkat rohani atau yang kita pahami dengan sayap-sayap rohani Efesus 1:3 (Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani didalam sorga.} Dan ketika masih menjadi tua-tua disorga sudah mempunyai ketaatan yang tinggi dan juga sangat hormat kepada Allah, why 4:10-11… mereka menyembah Dia,…mereka melemparkan mahkotanya dan mengakui bahwa Allah yang menciptakan segala sesuatu.

Tujuan tua-tua turun ke bumi dan menjadi roh yang mendiami tubuh jiwa dan kemudian disebut manusia adalah untuk “menaikkan status ilahi” why 4:4 … dua puluh empat tua-tua memakai pakaian putih (ciptaan) setelah turun kebumi dan kembali kesorga why 7:13-14 mereka memakai jubah putih (lebih mulia jubah lambang kebesaran)
Untuk mencapai kenaikan status ilahi bukanlah perkara yang mudah ataupun gampang tetapi satu hal yang pasti perjuangan roh tiada berhenti sampai hari kematian tiba!

Hidup didunia ini adalah kesusahan besar {why 7 : 14} mengapa demikian ? sebab banyak faktor yang membuat pergerakan roh itu untuk memimpin tubuh, jiwa agar setia taat kepada Allah seperti ketika roh berada disorga.

Ada 3 faktor yang menjadi perjuangan atau tantangan bagi roh :
1. Ketika tua-tua turun ke bumi secara otomatis langsung berlaku hukum (rom 5:12 – 14) semua manusia berdosa dan berada di bawah hukuman. Sehingga hubungan manusia dengan Allah terputus (yes 59:1-2)
2. Manusia mempunyai keinginan daging yang sangat bertentangan dengan keinginan roh (gal 5:17) keinginan daging (gal 5:19-21) buah-buah Roh (gal 5:22-23)
3. Bumi ini terkutuk (Kej 3:17) Sangat susah untuk mencari uang yang merupakan kebutuhan daging sehingga sangat banyak manusia bekerja membanting tulang dari pagi hingga larut malam tak ada waktu lagi untuk urusan roh dan masih banyak lagi persoalan yang merupakan penghambat selain ekonomi, ada masalah rumah tangga ada lagi masalah kesehatan dll. Karena faktor-faktor tersebut banyak roh yang terbelenggu dan akhirnya tidak berhasil pulang kesorga itulah sebabnya why 7:14 menyampaikan kepada kita hidup didunia ini adalah “kesusahan besar, namun bukan berarti tidak ada solusi puji syukur kepada Allah yang sangat mengasihi manusia yang percaya beroleh jalan keselamatan (yoh 3:16)

Ada jaminan dari Tuhan bagi manusia yang setia dan taat melakukan perintah Tuhan berupa Perlindungan (why 3:10) dan Keselamatan (why 2 : 9-10) Dengan perjuangan yang tinggi dan terarah oleh tuntunan Roh kudus kita dapat melangkah maju dan akhirnya menang, Tuhan memberkati kita semua.
Amin (matius 237/herlina).

2 komentar:

  1. Selamat datang di intanqq

    Ayo bergabung bersama kami, tersedia 7 permainan dalam 1 ID:
    - Sakong (New Game)
    - Bandar Poker (New Game)
    - BandarQ (Hot Game)
    - Poker
    - Domino
    - Capsa Online
    - AduQ

    Apa kelebihan bermain di intanqq? Berikut kelebihannya:
    - BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP HARI
    - BONUS XTRA TURNOVER SETIAP MINGGUNYA
    - BONUS REFERAL 10% +10% SEUMUR HIDUP!!
    - MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses super cepat 1 menit.
    - Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
    - Win rate 98%
    - No robot
    - Fair play 100% player vs player

    Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung sebelum ketinggalan promonya :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus